CARA MUDAH MEMAHAMI PENJELASAN MENGENAI "PANAMA PAPERS" DENGAN ILUSTRASI BERGAMBAR

Kehebohan yang timbulkan bocornya dokumen yang disebut "Panama Papers" tidak ada habisnya.. Bagaimana tidak, bukan saja nama para pengusaha besar dunia saja yang terseret, namun artis, olahragawan dan pemimpin negara pun ikut terseret. Bahkan Perdana Menteri Islandia Sigmundur David Gunnlaugson mengundurkan diri dari jabatannya 5 April 2016 kemarin setelah namanya dan istri tercantum didalam "Panama Paper" dan masih banyak lagi akibat yang ditimbulkannya.

Tapi apa sih "Panama Paper" itu?  Sederhananya Panama Papers itu  :
adalah kumpulan 11,5 juta dokumen rahasia yang dibuat oleh penyedia jasa perusahaan asal Panama, Mossack Fonseca. Dokumen ini berisi informasi rinci mengenai lebih dari 214.000 perusahaan luar negeri, termasuk identitas pemegang saham dan direkturnya.
(Sumber Wikipedia)

Namun kenapa "Panama Papers" sampai sebegitunya menciptakan kehebohan ? Agar dapat mempermudah penjelasan mengenai "Panama Papers", jurnalis Vox yakni German Lopez dan redditor DanGliesack membuat gambaran sederhana mengenai "Panama Papers" melalui ilustrasi bergambar mengenai seorang anak dan celengan babi.


Ada seorang anak yang gemar menabung, sehingga ia memiliki celengan berbentuk babi, yang ia taruh diatas rak kamarnya.

Namun, ibu si anak terus menerus mengecek berapa banyak uang yang ditabung dicelengan atau yang diambil si anak. Si anak kurang suka dengan pengawasan yang dilakukan oleh ibu.

Sehingga si anak membeli sebuah celengan baru yang tidak ditarus dirumahnya, melainkan di rumah Johnny temannya.


Ibu si Johnny baik dan selalu sibuk sehingga tidak mengawasi celengan Johnny ataupun celengan teman si Johnny yang dititipkan.


 Si anak pun merasa tenang karena tidak ada yang mengawasi celengannya.


Melihat hal itu, teman - teman si Johnny yang lainnya merasa itu hal yang bagus, oleh karena itu mereka berbondong - bondong menitipkan celengannya dirumah si Johnny.


Akhirnya dirumah si Johnny banyak celengan titipan teman-temannya..


Pada suatu hari, ibu si Johhny kaget tidak sengaja menemukan banyak celengan pada rak di kamar si Johhny.


Ibu Johnny marah besar dan menelpon semua orang tua teman anaknya, lalu mengadukan bahwa anak - anak mereka menyembunyikan uang di kamar anaknya.

 Begitulah kira - kira yang terjadi pada kebocoran Dokumen Panama (Panama Papers)


Jadi tidak semua nama yang tercantum di Dokumen Panama (Panama Papers) memiliki niat jahat, mungkin sebagian dari mereka hanya menginginkan privasi. Akan tetapi model perbuatan semacam ini juga rawan disalahgunakan, karena bisa jadi uang hasil kejahatan atau uang yang dilarikan karena menghindari pajak yang disembunyikan.

Untuk itu semua nama yang tercantum didalam "Panama Papers" masih berada didalam investigasi lebih lanjut.


Bagi yang memiliki kuota internet banyak, saya lampirkan link videonya :




Para penjahat yang memanfaatkan modus seperti Dokumen Panama (Panama Pepers) ini cukup banyak. Inilah yang membuat ICIJ ( International Consortium of Investigative Journalist ) terus menerus mendalami alasan - alasan mengapa orang - orang yang tercantum namanya di Dokumen Panama (Panama Papers) menyembunyikan uangnya..

Ini link video yang dibuat oleh ICIJ :




Sumber : detik.com , youtube.com , vox.com , kaskus.com , kompas.com

Komentar

Postingan Populer